Kuliah Tamu Penulisan, Presensi, dan Publikasi Akademik (P3A)

Jakarta, 17 Mei 2022 – Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Kristen Indonesia mengadakan Kuliah Tamu Mata Kuliah Penulisan, Presentasi, dan Publikasi Akademik (P3A) bersama Kanya Damarçanti selaku Direktur Penelitian dan Program INADIS. Dalam kelas ini, Kanya bertindak sebagai pemberi materi dengan presentasinya yang berjudul "Memahami Pembangunan Berkelanjutan Melalui Penulisan Akademik".

Di awal materi, Kanya memberikan sebuah tugas kelompok untuk menganalisis artikel yang berjudul "Effect of COVID-19 on the Sustainable Development Goals (SDGs)". Para mahasiswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok agar dapat menganalisis artikel dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Kanya. Setelah itu, Kanya mengajak para mahasiswa tersebut untuk mendiskusikan temuan mereka.

Di sesi berikutnya, Kanya membahas teori tentang menulis mulai dari mengapa kita harus menulis, langkah-langkah untuk menulis sebuah penulisan akademik atau karya ilmiah, persiapan- persiapan yang harus dilakukan ketika akan menulis, hingga bagaimana cara melakukan penelitian untuk memperkuat penulisan akademik yang akan disusun. Sesi ini dilanjutkan dengan penjelasan mengenai outlining yang sangat penting dalam penulisan akademik. Selama materi ini berlangsung mahasiswa/i aktif berpartisipasi ketika ada pertanyaan yang dilempar oleh pemateri.

Setelah Kanya memberikan kesimpulan mengenai materi yang disampaikan, Kanya dan moderator membuka sesi tanya jawab dan diskusi. Dalam sesi ini, beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan terkait materi yang sudah disampaikan. Namun karena waktu yang terbatas, tidak semua mahasiswa dapat bertanya. Kanya pun melanjutkan sesi dengan memberikan tugas kelompok dan individu. Khusus untuk tugas individu, Kanya meminta mahasiswa untuk membuat esai mengenai SDGs.

Kelas ditutup dengan pemberian sertifikat secara online untuk Kanya dari UKI dan juga dokumentasi bersama para mahasiswa/i kuliah tamu P3A.